www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Arkil Akis - Dari Denting Tabung-tabung Elpiji

Posted by On 8:07 AM

Arkil Akis - Dari Denting Tabung-tabung Elpiji

Energi Kita Energi Pertamina

Arkil Akis - Dari Denting Tabung-tabung Elpiji

Sistemnya adalah perusahaan tempat saya bekerja memiliki beberapa tangki penyimpanan gas yang disalurkan dari kapal yang bergiliran

Arkil Akis - Dari Denting Tabung-tabung ElpijiTRIBUNNEWS.COMIlustrasi

TRIBUN-TIMUR.COM - Ini adalah artikel nominasi lomba penulisan yang diselenggarakan PT Pertamina (Persero) MOR VII Sulawesi kerjasama dengan Tribun Timur.

Penulis: Arkil Akis

Bunyi dan ingatan kadangkala memiliki hubungan yang erat. Denting sendok dan gelas, letusan kembang api, atau lagu tertentu kadangkala membawa kita kepada ingatan tertentu. Salah satu dari sekian banyak bunyi yang membawa saya ke masa lalu adalah dentingan dari gesekan tabung gas elpiji. Ada dua hal yang akan saya ingat: Dapur ibu dan pekerjaan saya beberapa tahun yang lalu.

Hal pertama adalah keniscayaan bagi seorang anak yang ibunya mengabdikan diri di dapur.Sejak konversi minyak tanah ke gas elpiji, tabung-tabung sumber perut kenyang tersebut menjadi bagian yang tak terpisahkan.Apalagi sebagai seorang anak rantau.Kerinduan menikmati masakan ibu sungguh menyiksa.Sedangkan hal kedua, mengingatkan kepada profesi saya saat bekerja di salah satu perusahaan swasta di Makassar.

Perusahaan tersebut bergerak di beberapa bidang seperti otomotif, semen, pembangkit listrk, dan lain-lain. Saya bekerja di bagian yang bergerak dibidang penyaluran gas elpiji bagi masyarakat Sulawesi yang bekerja sama dengan PT. Pertamina.

Sistemnya adalah perusahaan tempat saya bekerja memiliki beberapa tangki penyimpanan gas yang disalurkan dari kapal yang bergiliran sin ggah di anjungan. Anjungan milik perusahaan sebagai media penyaluran. Kapal-kapal tanker tersebut diatur oleh Pertamina, juga skid tank yang bergiliran datang ke terminal perusahaan untuk menyalurkan gas ke berbagai daerah di Sulawesi. Kami hanya menyediakan tempat untuk menerima dan menyalurkan gas, sedangkan Pertamina menjadwalkan kedatangan kapal tanker dan truk-truk skid penyaluran ke masyarakat.

Bekerjasama dengan Pertamina adalah salah satu pengalaman yang cukup menyenangkan.Saya mengetahui bagaimana proses Pertamina melayani masyarakat. Kebetulan sekali saya adalah perwakilan dari kantor yang selalu berkunjung ke kantor Pertamina setiap bulannya. Saya khusus menangani penagihan terhadap jasa yang telah dilakukan oleh perusahaan kami untuk Pertamina.Tentu saja, selain menangani penagihan, saya juga bertanggungjawab mengawasi pendistribusian gas di perusahaan.

Berkelilingkantor Pertamina yang khusus menangani distribusi gas menjadi pengalaman tersendiri.Saya bisa menyaksikan truk-truk skid tank masuk bergiliran untuk mengambil gas dan kemudian berlalu untuk disalurkan ke daerah-daerah. Bedanya dengan kantor saya, kami tidak melayani distribusi gas tabung 3kg ataupun 12kg, sedangkan dikantor Pertamina juga melayani distribusi eceran ukuran kecil. Sama seperti truk skid, mobil-mobil yang memuat tabung gas kecil juga masuk bergiliran.

Para karyawan Pertamina bercerita bahwa mereka selalu harus sedia gas selama 24 jam agar tidak ada keluhan kehabisan gas baik di kota maupun di desa. Pertamina selalu berkomitmen untuk melayani masyarakat kapanpun jadi pegawai mereka pun bekerja dengan system shift, sama dengan kantor saya. Hal itu dikarenakan truk skid tank bisa datang jam berapapun karena perjalanan mereka ada yang memakan 12 sampai 20 jam untuk sampai di terminal gas.

Saya juga diberitahu bahwa cara Pertamina menanggulangi agar tidak terjadi antrian ataupun kelangkaan gas adalah terus mengawasi operasi pasar.Pertamina selalu berus aha agar stok gas tidak pernah habis di tanki-tanki gas milik mereka jadi sudah ada jadwal tertentu dan rutin kedatangan kapal-kapal tanker pembawa gas elpiji tersebut.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Rasni Ikuti kami di Terkuak! Bukan Karena Mobil, Surat Terakhir SPG Cantik yang Dimutilasi Suami Jadi Jawaban Sumber: Google News | Liputan 24 Rantau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »