www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Mau Pakasam Wadi, Ikan Karing atau Nuget Ikan, Cukup Pasan ...

Posted by On 5:03 PM

Mau Pakasam Wadi, Ikan Karing atau Nuget Ikan, Cukup Pasan ...

Berita Hulu Sungai Utara

Mau Pakasam Wadi, Ikan Karing atau Nuget Ikan, Cukup Pasan dengan UMKM di Sini

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang tak suka makan ikan Dinas Perikanan HSU juga membentuk dan melakukan pembinaan

Mau Pakasam Wadi, Ikan Karing atau Nuget Ikan, Cukup Pasan dengan UMKM di SiniBANJARMASINPOST.co.id/reni kurnia watiDinas Perikanan HSU juga membentuk dan melakukan pembinaan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mengembangkan olahn hasil perikanan.

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Hasil perikanan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sangatlah banyak. Bukan hanya ikan budidaya, namun juga ikan su ngai yang saat ini semakin digemari oleh masyarakat.

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang tak suka makan ikan Dinas Perikanan HSU juga membentuk dan melakukan pembinaan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mengembangkan olahn hasil perikanan.

Suriani Kepala Dinas Perikanan mengatakan ada beberapa UMKM yang saat ini mendapat pembinaa.

UMKM ini sebagian besar dikelola oleh istri para nelayan dan pembudi daya ikan agar bisa mengolah hasil ikan dan memberikan nilai ekonomis yang lebih besar.

Beberapa hasil olahan perikanan seperti kerupuk, amplang, pentol, nuget ikan, ikan kering dan pakasam wadi yang menjadi makanan khas Amuntai.

"Kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan agar hasil olahan makanan dari ikan tidak menggunakan bahan pengawet ataupun pewarna sehingga makanan dijamin sehat," ujarnya.

Dengan pengembangan UMKM juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sebab bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain. Saat ini pemasaran memang masih di sekitar HSU namun diharapkan dengan pembinaan bisa terus berkembang.

Baca: Nella Kharisma Tundukkan Raisa di Google, Penyanyi Dangdut ini Artis Paling Banyak Dicari Netizen

Baca: Live Streaming Kompas TV Dubai Super Series Hari Ini, Perjuangan Hidup Mati Marcus/Kevin 16.00 WIB

Baca: Marcus/Kevin Tertunda ke Semifinal BWF Superseries Finals 2017

Baca: Tak Hanya Mampu Usir Jin, Ternyata Ada Manfaat Lain dari Ayat Kursi Jika Dibaca di Waktu-waktu Ini

Suriani menambahkan saat ini tengah persiapan mengembangkan pengolahan hasil perikanan untuk pengasapan. Ikan asap belum banyak dikembangkan dan memiliki peluang besar sebagai usaha masyarakat dan diharapkan bisa menjadi ciri khas dari HSU.

Untuk ikan budidaya di HSU banyak tersedia, sayangnya untuk ikan tangkapan sungai masih terbatas untuk penjualan ikan basah.

"Seperti ikan gabus ya ng saat ini hanya terbatas dijual setelah ditangkap padahal peminat ikan asin gabus juga cukup banyak," ungkapnya.

Pelatihan teknis pengolahan ikan yang baru saja dilaksanakan di Kecamatan Sungai Pandan juga diminati oleh warga. Dalam kesemptan itu juga diberi peltihan pembutan makanan olahan ikan agar bisa dipraktekkan sendiri di rumah.

Penulis: Reni Kurnia Wati Editor: Didik Trio Sumber: Banjarmasin Post Ikuti kami di Inilah 5 Fakta Mutilasi SPG Cantik di Karawang, Korban Dibunuh karena Terus-terusan Minta Mobil Sumber: Google News | Liputan 24 Amuntai

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »