www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Jelang Lebaran Idul Fitri 2018 Permintaan Daging di Pasar Hewan ...

Posted by On 12:15 AM

Jelang Lebaran Idul Fitri 2018 Permintaan Daging di Pasar Hewan ...

Idul Fitri 2018

Jelang Lebaran Idul Fitri 2018 Permintaan Daging di Pasar Hewan Pelaihari Sepi

Jelang lebaran yang tinggal tiga hari ini, aktivitas di Pasar Hewan Pelaihari tak sepadat hari biasa.

Jelang Lebaran Idul Fitri 2018 Permintaan Daging di Pasar Hewan Pelaihari SepiBanjarmasinpost.co.id/Mukhtar WahidKondisi aktivitas jual beli di Pasar Hewan Pelaihari, Jalan Pasar Hewan, Kelurahan Saranghalang, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, Senin (11/6/2018).

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Jelang lebaran yang tinggal tiga hari ini, aktivitas di Pasar Hewan Pelaihari tak sepadat hari biasa. Diduga kondisi ini karena sebagian petern ak memilih mudik.

Kabupaten Tanahlaut ini sebagian besar warganya sekitar 60 persen adalah petani dan merupakan warga eks transmigrasi dari luar Kalimantan Selatan.

Menurut Kepala UPT Pasar Hewan Pelaihari, Rohayat membenarkan terjadi penurunan 30 hingga 50 persen dibanding hari normal.

Kondisi itu disadari akibat sejumlah kabupaten /kota di Kalsel dan Kalteng sudah menerima suplai ternak secara langsung ke wilayah mereka.

Baca: Jadwal Buka Puasa Hari ke 26 Ramadhan, Senin 11 Juni di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Kota Lain

"Kalau dahulu, Pasar Hewan Pelaihari menjadi rujukan dari berbagai daerah di Kalsel dan Kalteng bahkan Kaltim.

Kini setiap hari pasar normal itu hanya ratusan ekor terjual. Saat ini jelang lebaran cuma 70 hingga 80 ekor terjual," katanya.

Rohayat mengaku ada imbas bagi pendapatan daerah jika suplai ternak sapi tidak melalui pasar hewan. Kalau saat ini retribusi yang masuk dari pasar hewa n setiap pekannya itu mencapai 2000 ekor.

Baca: Ini Daftar Libur Bank Lebaran Idul Fitri 2018, untuk Mandiri, BCA, BNI & BRI

"Yang tidak masuk retribusi pasar hewan juga sebanding sekitar 2000 ekor ternak," ujarnya.

Meski lebaran Idulfitri ini terjadi penurunan daya beli ternak. Kondisi itu diakui Rohayat terbalas saat jelang lebaran Iduladha.

"Idul adha itu ribuan ekor ternak sapi dan kambing yang terjual dari Pasar Hewan. Kenaikannya sangat tinggi dua kali lipat," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid Editor: Murhan Sumber: Banjarmasin Post Ikuti kami di Sempat Viral Video Tolak Bingkisan dari Jokowi, Ustaz Najib Menyesal dan Minta Maaf Sumber: Google News | Liputan 24 Pelaihari

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »